soal mutu pelayanan

Mutu Pelayanan

1. Seorang Bidan menemukan secara dini setiap kenaikan tekanan darah pada kehamilan dan mengenali tanda serta gejala pre-eklamsia lainnya, serta mengambil tindakan yang tepat dan merujuknya. Hal ini merupakan standar dari......
a. Standar 4
b. Standar 5
c. Standar 6
d. Standar 7
e. Standar 8


2.    Seorang Bidan memberikan saran yang tepat kepada pasien  (ibu hamil,suami/keluarganya pada TM ke-3),untuk memastikan bahwa persiapan persalinan bersih dan aman daan suasana yang menyenangkan alan di rencanakan dengan baik, di samping persiapan transportasi dan biaya untuk merujuk,bila tiba-tiba terjadi keadaan gawat darurat. Hal ini merupakan standar dari.......
a.    Standar 4        d. Standar 7
b.    Standar 5        e. Standar 8
c.    Standar 6

3.    Seorang Bidan menilai secara tepat bahwa persalinan sudah mulai, kemudian memberikan asuhan dan pemantauan yang memadai, dengan memperhatikan klien, selama proses persalinan sedang berlangsung. Hal ini merupakan standar dari.....
a.    Standar 7        d. Standar 10
b.    Standar 8        e. Standar 11
c.    Standar 9

4.    Ibu Ny M datang dengan ke klinik bidan dengan keluhan  ketuban sudah pecah, kontaksi kuat dan Seorang Bidan melakukan pemerikaan teryata pembukanan sudah lengka. Bidan melakukan pertolongan persalinan yang aman, dengan sikap sopan dan penghargaan pasienya. Hal ini merupakan standar dari.......
a.    Standar 7        d. Standar 10
b.    Standar 8        e. Standar 11
c.    Standar 9

5.    Seorang Bidan melakukan pencatatan semua kegiatan yang dilakukannya ,yaitu pencatatan semua ibu hamil diwilayah kerja, rincian pelayanan yang telah diberikan kepada seluruh ibu hamil / bersalin / nifas dan bayi baru lahir , semua kunjungan rumah dan penyuluhan kepada masyarakat. Hal ini merupakan standar dari......
a.    Standar 1            d. Standar 4
b.    Standar 2            e. Standar 5
c.    Standar 3

6.     Seoarang Bidan sedikitnya memberikan  4x pelayanan antenatal kepada semua ibu hamil. Hal ini merupakan standar dari.....
a.    Standar 1            d. Standar 4
b.    Standar 2            e. Standar 5
c.    Standar 3

7.    Seoarang ibu  datang ke klinik Bidan Murni usia 27 tahun G1, P0,A0  kehamilan 28 minggu dengan keluahan pusing . Bidan murni melakukan pemeriksan ternyata Hb ibu  10 g% dan bidan memberiakan asam folat. Hal ini merupakan standar dari.....
a.    Standar 4            d. Standar 7
b.    Standar 5            e. Standar 8
c.    Standar 6

8.    Seorang Bidan memeriksa dan bayi baru lahir untuk memastikan pernafasan sponatan, mencegah hipoksia sekunder, menemukan tindakan atau merujuk sesuai dengan keutuhan. Bidan harus mencegah atau menangani hipotermi, hal ini merupakan standar.....
a.    Standar 12            d. Standar 15
b.    Standar 13            e. Standar 16
c.    Stanadar 14

9.    Seorang bidan Bidan memberikan pelayanan selama masa nifas melalui kunjungan rumah pada hari ketiga, minggu kedua dan minggu, hal ini merupakan standar dari......
a.    Standar 12            d. Standar 15
b.    Standar 13            e. Standar 16
c.    Stanadar 14

10.    Seorang Bidan mampu  mengenali  retensio plasenta ,dan memberikan pertolonggan pertama,termasuk plasenta manual dan penangganan perdarahan  ,sesuai denggan kebutuhan, hal ini merupakah standar dari.....
a.    Standar 20            d. Standar 23
b.    Standar 21            e. Standar 24
c.    Standar 22

11.     Seorang bidan wajib mengenali tanda-tanda sepsis puerperalis dan mengambil tindakan yang memadai, hal ini merupakan stanadar dari.....
a.    Standar 20            d. Standar 23
b.    Standar 21            e. Standar 24
c.    Standar 22

12.    Program menjaga mutu yang di selenggarakan sebelum pelayanan kesehatan di laksanakan , perhatian utama pada standar masukan dan lingkungan merupakan tehnik pengukuran mutu dari........
a.    Pengukuran  Prospektif        d. Pengukuran Internal
b.    Pengukuran  Retrospektif        e. Pengukuran eksternal
c.    Pengukuran konsumen

13.    Program menjaga mutu yang di laksanakan setelah pelayanan kesehatan diselanggarakan, merupakan tehnik pengukuran mutu dari.....
a.    Pengukuran  Prospektif        d. Pengukuran Internal
b.    Pengukuran  Retrospektif        e. Pengukuran eksternal
c.    Pengukuran konsumen

14.    Ketidakpuasan pasien merupakan hasil dari adanya perbedaan  perbedaan antara harapan konsumen dengan kinerja yang dirasakan oleh konsumen tersebut, merupakan tehnik pengukuran mutu dari.....
a.    Pengukuran  Prospektif        d. Pengukuran Internal
b.    Pengukuran  Retrospektif        e. Pengukuran eksternal
c.    Pengukuran konsumen

14.    Penampilan yang pantas dan sesuai (yang berhubungan dengan standar-standar) dari suatu intervensi yang diketahui aman, yang dapat memberikan hasil kepada masyarakat yang bersangkutan dan yang telah mempunyai kemampuan untuk menghasilkan dampak, Pengertian dari?
a.    Mutu pelayanan kebidanan        d. Konsep dasar mutu
b.    Standar pokok pelayan            e. Mutu Pelayanan kebidanan
c.    Pandangan mutu pelayanan

15.   Seorang bidan selalu mematuhi standar yang telah ditetapkan, hal ini merupakan pengetian dari Saifudin, 2006 ?
a.    Standar                    d. Pandangan mutu
b.    Mutu                    e. Syarat mutu             
c.    Konsep Mutu

16.    Seorang memenuhi kebutuhan klien/pasien dengan tanggap, kelancaran komunikasi, keprihatinan dan keramah tamahan terhadap klien/pasiennya, hal ini merupakan demensi penilaian dari?
a.    Syarat pokok pelayanan kesehatan
b.    Standar pokok pelayanan
c.    pemakai jasa pelayanan
d.    penyelengara pelayanan
e.    penyandang dana

17.    Seorang bidan memberi pelayanan yang sesuai perkembangan ilmu dan teknologi, serta otonomi profesi sesuai dengan kebutuhan klien/pasien, hal ini merupakan demensi penilaian dari?
a.    Syarat pokok pelayanan kesehatan
b.    Standar pokok pelayanan
c.    pemakai jasa pelayanan
d.    penyelengara pelayanan
e.    penyandang dana

18.    Seorang bidan memberikan  pembiayaan dangan wajar dan  kemampuan menekan beban biaya, hal ini merupakan demensi penilaian dari?
a.    Syarat pokok pelayanan kesehatan
b.    Standar pokok pelayanan
c.    pemakai jasa pelayanan
d.    penyelengara pelayanan
e.    penyandang dana

19.    Menurut Amiruddun (2007) dalam penilaian mutu ada tiga pendekatan, yaitu?
a.    Struktur,Proses,Outcomes
b.    Proses, Struktur, Outcomes
c.    Outcomes, Proses, Struktur
d.    Struktur, Outcomes, Proses
e.    Proses, Outcomes, Struktur

20.    Sarana fisik perlengkapan dan peralatan, organisasi dan manajemen, keuangan, sumber daya manusia lainnya di fasilitas kesehatan, hal ini merupakan penilaian mutu Amiruddun (2007)?
a.    Struktur
b.    Proses
c.    Outcomes
d.    penyelengara pelayanan
e.    pemakai jasa pelayanan

21.    Hasil akhir kegiatan dan tindakan tenaga kesehatan profesional terhadap klien, hal ini merupakan  penilaian mutu Amiruddun (2007)?
a.    Struktur
b.    Proses
c.    Outcomes
d.    Penyelengara pelayanan
e.    Pemakai jasa pelayanan

22.    Konsep siklus PDCA pertama kali diperkenalkan oleh Walter Shewhart pada tahun 1930 yang disebut dengan?
a.    Shewhart cycle            d. Siklus shewhart
b.    The Deming Wheel            e.  Siklus control
c.    Siklus deming

23.    Metode PDCA dipopulerkan oleh W. Edwards, yang sering dianggap sebagai bapak pengendalian kualitas modern sehingga sering juga disebut dengan?
a.    Shewhart cycle            d. Siklus shewhart
b.    The Deming Wheel        e.  Siklus control
c.    Siklus deming

24.    Perencanaan merupakan suatu upaya menjabarkan cara penyelesaian masalah yang ditetapkan ke dalam unsur-unsur rencana yang lengkap serta saling terkait dan terpadu. Hal ini merupakan siklus dari?
a.    Plan                    d. Action
b.    Do                    e. Outcame
c.    Check

25.    Yang bukan merupakan keterampilan pokok manajerial pada saat Pelaksanaan adalah?
a.    Keterampilan komunikasi (communication)
b.    Keterampilan motivasi (motivation)
c.    Keterampilan memuji ()
d.    Keterampilan kepemimpinan (leadershif)

e.    Keterampilan pengarahan (directing)
26.    Yang bukan merulakan tujuan pemeriksaan adalah?
a.    Sampai seberapa jauh pelaksanaan cara penyelesaian masalahnya
b.    Bagian mana kegiatan yang berjalan baik dan yang belum berjalan dengan baik
c.    Apakah sumberdaya yang dibutuhkan masih cukup tersedia
d.    Apakah cara penyelesaian masalah yang sedang dilakukan memerlukan perbaikan

e.    Apakah Penilaian hasil yang dicapai
27.    Mengikuti alur kegiatan serta sasaran yang baku dimulai menetapkan masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, serta menyusun saran untuk tindak lanjut. Hal ini merupakan Karakteristik pemecahan masalah dari ?
a.    Berkesinambungan        d. Terpadu
b.    Sistematis                e. Perkembangan
c.    Objektif

28.    Program yang terus menerus yang sering disebut dengan Program Meningkatkan Mutu Berkelanjutan (Continious quality inprovement program). Hal ini merupakan Karakteristik pemecahan masalah dari ?
a.    Berkesinambungan        d. Terpadu
b.    Sistematis            e. Perkembangan
c.    Objektif

29.    Kondisi sarana & prasarana pelayanan yg bersih, rapi & teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan.  Hal ini merupakan Indeks kepuasan masyarakat (IKM) dari?
a.    Tanggung jawab petugas pelayanan
b.    Kemampuan petugas pelayanan
c.    Kesopanan & keramahan petugas
d.    Kenyamanan lingkungan
e.    Keamanan pelayanan

30.    Target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yg telah ditentukan oleh unit penyelenggara pelayanan Hal ini merupakan Indeks kepuasan masyarakat (IKM) dari?
a.    Tanggung Jawab Petugas Pelayanan
b.    Kemampuan Petugas Pelayanan
c.    Kecepatan Pelayanan
d.    Kepastian Jadwal Pelayanan
e.    Kedisiplinan Petugas Pelayanan


Baca Selanjutnya :

Loading Post...

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Kebidanan
AUTHOR
6/22/2019 delete

Terima kasih sangat membantu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/05/2019 delete

Terimakasih

Reply
avatar