STANDAR 1: “PERSIAPAN UNTUK KEHIDUPAN KELUARGA SEHAT”


Tujuan:
Memberikan penyuluhan kesehatan yang tepat untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat dan terencana serta menjadi orang tua yang bertanggung jawab.

Pernyataan standar
Bidan melakukan penyuluhan dan nasehat kepada perorangan, keluarga dan masyarakat terhadap segala hal yang berkaitan dengan kehamilan, termasuk penyuluhan kesehatan umum, gizi, KB dan kesiapan dalam menghadapi kehamilan dan menjadi calon orang tua, menghindari kebiasaan yang tidak baik dan mendukung kebiasaan yang baik.



Hasil
·         Masyarakat dan perorangan ikut serta dalam upaya mencapai kehamilan yang sehat.
·         Ibu, keluarga dan masyarakat meningkat pengetahuannya tentang funsi alat alat reproduksi dan bahaya kehamilan pada usia muda.
·         Tanda-tanda bahaya pada kehamilan diketahui oleh keluarga dan masyarakat.
Prasyarat
1.      Bidan bekerja sama dengan kader kesehatan.
2.      Bidan dididik dalam hal:
  • Penyuluhan kesehatan
  •  Komunikasi dan keterampilan konseling dasar 
  • Siklus menstruasi, perkembangan kehamilan, metode kontrasepsi, gizi, bahaya kehamilan pada usia muda, kebersihan dan kesehatan diri, kesehatan atau kematangan seksual dan tanda bahaya pada kehamilan.
3.      Tersedianya bahan untuk penyuluhan tentang hal-hal tersebut di atas.

Proses

Bidan harus:
1.  Merencanakan kunjungan rumah secara teratur ke posyandu,kelompok ibu/KPKIS, sekolah dan tempat kegiatan masyarakat untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan/ kebersihan secara umum, kesiapan menghadapi kehamilan, makanan bergizi, pencegahan anemia, kematangan seksual, kehidupan seksual yang bertanggung jawab dan bahaya kehamilan pada usia muda (perlu dibuat kesepakatan tentang waktu penyuluhan, tempat dan topik pembicaraan. Semua kesepakatan hendaknya ditepati, kecuali pada keadaan darurat).
2.  Hormati adat istiadat setempat/ perorangan ketika memberikan penyuluhan dan berikan dukungan untuk kebiasaan tradisional yang positif. (namun, perludicegah mitos  atau tabu yang membahayakan kehamilan, prsalinan dan perawatan anak)
3.   Beri penyuluhan yang dapat memotifasi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan nya, dan buatlah agar mereka mau mengajukan pertanyaan.
4.      Jawablah pertanyaan dengan jujur dan sopan.Berikan jawaban yang lebih jelas.
5.      Gunakan alat bantu yang menunjang dan bahasa yang mudah dipahami.
6.      Beritahukan jadwal kegiatan bidan untuk memeriksakan kehamilan dan konseling perorangan.
7.      Adakan konseling perorangan ditempat khusus, agar kerahasiaan nya terjaga.


Baca Selanjutnya :

Loading Post...

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
3/24/2020 delete

Baik dan jelas

Reply
avatar