Perubahan fisik pada kala II

Adapun Perubahan yang terjadi pada saat kala II adalah sebagi berikut ini:

1. Perubahan sisitem peproduksi  
        kontraksi uterus dalam persalinan bersifat unik mengingat kontrasi ini merupakan  kontraksi   otot fisiologis yang yang menyimbulkan nyeri pada tubuh. selama kehamilan terjadi keseimbangan antara kadar oksigen dan progesteron di dalam darah. tetapi pada akhir kehamilan kadar oksigen dan progesteron menurun.

2.  Perubahan Tekanan Darah 
            Tekanan darah akan meningkat selama kontraksi disertai pengingkatan sistolik rata-rata 10-20 mmHg dan diastolik 5-10 mmHg. 

3. Perubahan Suhu
             Perubahan suhu sedikit meninggtat selama persalinan dan tertinggi selama dan segera setelah persalian. perubahan suhu dianggap normal bila meninggat suhu yang tidak lebih dari 0,5-1 oC yang memcerminkan peningkatan metabolisme selama persalinan
4. Perubahan Denyut Nadi
             Perubahan yang mencolok selama kontraksi disertai peningkatan selama fase peningkatan, penurunan selama titik puncak sampai frekuensi yang lebih rendah dari pada frekuensi diantara kontraksidan peningkatan selama fase menurun sehingga sampai frekuensi lazim diantara kontraksi. 
5. Perubahan Pernafasan
          Peningkatan frekuensi pernafasan normal selama persalinan dan mencerminkan peningkatan metabolisme yang terjadi. Hiperventilasi yang memnajang adalah temuan abnormal dan dapat menyebabkan alkalosis(rasa kesemutan pada ekstremitas dan perasaan pusing).

6. Perubahan pada Ginjal
             Poliuria serng terjadi selama persalinan. kondisi inin dapat diakibatkan peningkatan lebih lanjut curah jantung selama persalinan dan kemungkinanpeningkatan laju fitrasi glomenulus dan aliran urine berkurang selama persalinan.

7. Perubahan pada Saluran Pencernaan 
           Absobsi lambung terhadap makanan padat jauh lebih berkurang. apabila kondisi ini di perburuk oleh penurunan lebih lanjut sekresi asam lambung selama persalianan, maka saluran cerna bekerja sangat lambat sehingga waktu pengosongan lambung menjai lama di penaruhi dan waktu yang di butuhkan untuk pencernaan di lambung tetap seperti biasa. 

Daftar Pustaka
Rukiyah, ddk 201, Asuhan Kebidanan 2 (Persalianan). Jakarta: CV. Trans Info Media

Baca Selanjutnya :

Loading Post...

Latest
Previous
Next Post »