Komunikasi

Satu proses terjadinya pengiriman pesan dari seseorang kepada orang lain

Jenis-jenis komunikas
1.komunikasi intrapersonal
terjadi  didalam diri seseorang
berbicara dalam hati
komunikasi interpersonal (kip)
2. kip antara dua orang.
komunikasi dari seseorang ke orang lain, dua arah interaksi verbal dan nonverbal yang menyangkut saling berbagi informasi dan perasaan
3. kip antara tiga  orang/ lebih (komunikasi kelompok kecil).
menyangkut komunikasi dari orang ke beberapa orang lain (kelompok kecil). masing-masing anggota menyadari keberadaan anggota lain, memiliki minat yang sama dan/atau bekerja untuk suatu tujuan
4.  komunikasi masa :
penyampaian pesan kepada kelompok besar, biasanya sebagian besar masyarakat/populasi.
faktor-faktor penghambat dlm kip
1.  faktor individual :
    orientasi kultural (keterikatan budaya) merupakan faktor individual yang dibawa seseorang dalam melakukan interaksi. terdiri dari:
    a.    faktor fisik
    b.    sudut pandang
    c.    faktor sosial
    d.    bahasa 
2. faktor-faktor yang  berkaitan dgn interaksi
    a.  tujuan dan harapan terhadap  komunikasi.
    b.  sikap terhadap interaksi
   c.  pembawaan diri seseorang terhadap orang lain (seperti kehangatan, perhatian,  dukungan)
    d.  sejarah hubungan

3. faktor situasional.
        a.  gaya interview  dan naskah percakapan tradisional dan sering menggunakan pertanyaan tertutup.
        b.  gaya naskah konsultasi modren menunjukkan kontrol pertukaran percakapan yang lebih seimbang.

4.kompetensi  percakapan
Agar efektif, suatu interaksi harus menunjukkan perilaku kompeten dari kedua belah pihak. kegagalan dalam menyampaikan informasi penting, perpindahan bicara yang tidak lancar, salah pengertian, dan gagal meyakinkan, dapat menyebabkan terputusnya komunikasi.

kegagalan komunikasi dapat terjadi karena harapan-harapan yang bertolak belakang atau perbedaan aturan-aturan sosial yang diyakini.

Alasan melaksanakan kip
  • agar dapat memberikan informasi secara efektif kepada klien
  • agar dapat lebih memahami perasaan dan pikiran klien.
  • agar lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi klien yang sulit
  • agar membantu pekerjaan.
  •  untuk meningkatkan mutu pelayanan
  •  untuk kepentingan pribadi : 
    -agar dapat berkomunikasi lebih baik/efektif dengan keluarga (suami, isteri, anak-anak)
    -agar lebih luwes dalam pergaulan.
Keterampilan yg dibutuhkan pada kip
1.     keterampilan observasi
2.     keterampilan bina hubungan baik
3.      keterampilan mendengar
4.     keterampilan bertanya






Baca Selanjutnya :

Loading Post...

Previous
Next Post »